Opak Gambir Makanan Tradisional Nusantara

Diposting oleh Hulu on Senin, 26 November 2012

Krupuk gambir atau biasa disebut Opak Gambir sangat populer sebagai jajanan ringan tradisional Indonesia, dan masih diminati masyarakat Nusantara. Terbukti Opak Gambir seringkali ditemui sebagai pelengkap sajian lebaran.

Bagi masyarakat Kediri, istilah Opak Gambir sudah tidak asing lagi. Karena Opak Gambir merupakan makanan khas Kediri, sudah lama diproduksi di sejumlah daerah lain termasuk di Kediri. Lain daerah lain penyebutannya, tapi di wilayah Jawa Timur jajanan ini lebih familiar dengan sebutan Opak Gambir, Opak Gulung atau Kue Semprong.

Bahan pembuatan Opak Gambir Tradisional antara lain Tepung Tapioka (Pati), Gula, Telur, Wijen, Santan. Semua bahan dibuat adonan, kemudian dimasukan pada cetakan model jepit dan dipanggang di atas nyala api. Biasanya para pelaku usaha pembuatan Opak Gambir memakai 6 cetakan untuk satu kompor. Tangan mereka nyaris tak berhenti bergerak, saat harus melepas krupuk cetakan, mengisi adonan cetakan yang sudah kosong, bahkan sesekali mengaduk adonan biar tidak mengental. Jadi tangan harus ceklatan dan bekerja kontinyu agar hasilnya tidak gosong.

Membuat Opak Gambir bukan main capeknya. Sekuat tenaga biasanya para perajin usaha Opak Gambir bertahan berdiri berjam jam dan harus berhadapan dengan panasnya kompor sebagai pemanggang cetakan Opak Gambir.

Bila Anda tak ingin ribet atau repot dengan proses pembuatan Opaka Gambir, serta menyadari arti penting bagi pelestarian jajanan kuliner tradisional Indonesia, kami menyediakan jajanan Opak Gambir. Komposisi dari Opak Gambir yang kami buat, murni hanya berasal dari bahan-bahan pilihan. Kami membuatnya dengan cara tradisional warisan budaya. Jadi tidak ada tambahan zat pengawet atau bahan kimia lainnya.
Klik saja disini OPAK GAMBIR

Tenun Ikat Bandar Galeri Kain Tenun Ikat Jersey Bola Kediri Kuliner Prediksi Bola